Analisisi Hadis Tentang Solat Tarwih
Drs. Dame Siregar,M.A.
Abstrak
Solat tawih dalilnya hadis ziyadah dan syaz riwayat al-Baihaqi. Menurut dalil yang sohih namanya adalah solat lail dan sesuai dengan Alquran suroh al-Isro’ ayat 79 dan suroh al-Muzzammil ayat 1-4 dan ayat 20 dan hadis sohih lain. Pelaksanannya boleh 4+4+3 solat witrnya atau 2+2+2+2+2+1 solat witrnya 1 rokaat. Tidak benar berdasarkan riwayat an-Nasai nomor 1680 solat witr 2 tambah 1. Sebaiknya di rumah baik dibulan romadon atau diluar romadon 11 rokaat. Kerjakan sesuai dengan dalil yang sohih.
حجج صلاة التويح في حديث الزيادة ورواية الشاذ عن البيهقي. وبحسب الحجة ، فإن اسم الصحوة هو صلاة الليل ووفقاً لسورة القرآن الآية 79 وسروه المزمل الآيات 1-4 والآية 20 وأحاديث صحيح أخرى. قد يكون التنفيذ 4+4 +3 صلاة وترنية أو 2+ 2+ 2+ 2+ 2+ 1 صلاة وترية 1 دورات. ليس صحيحًا استنادًا إلى تاريخ صلاة النساي رقم 1680 صلاة الوتر 2 زائد 1. من الأفضل أن تكون فى المنزل إما في شهر رمضان أو خارج رمضان 11. افعلها حسب حجة الصحح.
The tawih prayer arguments for the hadith ziyadah and shaz from al-Baihaqi. According to the argument, the name sohih is solat lail and in accordance with the Qur'an suroh al-Isro 'verse 79 and suroh al-Muzzammil verses 1-4 and verse 20 and other Sohih hadith. The implementation may be 4 + 4 + 3 prayer time or 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 1 prayer time 1 rakaat. Not true based on the history of an-Nasai number 1680 witr prayer 2 plus 1. It is better to be at home either in Romadon month or outside Romadon 11 rakaat. Do it according to the sohih argument.
Keyword: Solat Tarwih Sebenarnya Solat Lail
Pendahuluan
Solat tarwih yang banyak dikenal masyarakat adalah solat sunnah khusus di bulan romadon, diluar bulan romadon tidak ada. Waktunya habis solat ‘Isya’ sebanyak 11 rokaat ada yang 23 rokaat. Caranya ada yang 4 salam +4 salam +3 salam, juga ada yang 2 salam +2 salam +2 salam +2 salam +2 salam dan 1 salam. Ada yang mengamalkan solat witir 2 salam +1 salam, ada 3 rokaat salam, yang 23 rokaat dengan rincian 10 kali 2 rokaat salam dan witrnya 2 salam +1 salam. Ayat yang dibaca rokaat pertama dari suroh at-Takatsur sampai an-Nas. Tempatnya harus di Masjid jami’. Imamnya ada yang bergantian dan ada yang main tunggal. Antara salam dengan rokaat berikutnya ada membaca solawatan dan doa. Habis romadon habis solat tarwih, baik di rumah atau di Masjid. Ruginya solat lail sukar diterima masyarakat, dengan alasan tidak pernah dikenal mulai dari zaman dulu sampai sekarang. Akirnya solat lail di rumah sebagai lanjutan solat lail bulan romadon jadi kosong, sangat merugikan masyarakat muslim hanya istilah solat tarwih.
Pembahasan
Solat tarwih hanya diketahui dalilnya berdasarkan riwayat al-Baihaqi. Hadis ini bertentangan dengan hadis mutawatir yang diriwayatkan oleh perowi abad 1-3 hijrah seperti perowi Nama-nama Perowi abada 1 sampai 3 H sebagai berikut:
Anas bin Malik ( 10 SH- 93 H ), (Al-Al-Bukhori (194-w.256 H), Muslim,( 206-261 H), Abu Dawud (202-275 H) At-Tirmizi (209- w.279 H, Ibn Majah (209-273 H), Ahmad bin Hanbal (164-w.241 H), (ad-Darimi, 181-255). al-Nasa’i (w.303 H), Ibn Khuzaimah (w.311 H).
Nama-nama Perowi pertengahan abad 4 sampai 5 H sebagai berikut:
Perowi pada abad ini seperti Al-Tahanawi (w.321 H), Ibn Hibban Ibn Sakan (w.353 H), (w.354 H), At-Tobroni (w.360 H), (ad-Dar al-Qutni (w.385 H), Al-Hakim (w.405 H), ), Al-Munziri (w.656 H), Al-Baihaqi (w.458 Hdan Al-Bagawi (w.510 H).
Hadis yang diriwayatkan sorang perowi disebut hadis munfaris atau hadis syaz, tidak boleh dijadikan dalil ibadah. Karena bertentangan dengan hadis yang sohi dan mutawatir atau msyhur. Ada yang meberikan pendapat kalau hanya nama ibadahnya saja yang dalilnya hadis syaz atau munfarid tidak menjadi masalah. Nama merupakan pangkal sesuatu ibadah, jika namanya ini tentu mempengaruhi pikiran atau pemahaman orang terhadap caranya, waktunya, jumlahnya tempat, hukumnya, materi ibadahnya. Maka sebaiknya pencarian dalil nama ibadah merupakan awal yang sangat penting disepakati kesohihan dalilnya. Manfaatnya afar umat tidak saling menyalahkan dan saling menilai pendapat sendiri.
Nama solat lail
Solat Lail dan Witr maksimal 11 rokaat
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي الْمَسْجِدِ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ فَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ قَالَ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ[1]
(MUSLIM - 1270) : Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya ia berkata, saya telah membacakan kepada Malik dari Ibnu Syihab dari Urwah dari Aisyah bahwasanya; Pada suatu malam (di bulan Ramadlan), Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam solat di Masjid, lalu diikuti oleh beberapa orang sahabat. Kemudian (pada malam kedua) beliau solat lagi, dan ternyata diikuti oleh banyak orang. Dan pada malam ketiga atau keempat mereka berkumpul, namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak keluar solat bersama mereka. Maka setelah pagi, beliau bersabda: "Sesungguhnya aku tahu apa yang kalian lakukan semalam. Tiada sesuatu pun yang menghalangiku untuk keluar dan solat bersama kalian, hanya saja aku khawatir (solat lail itu) akan diwajibkan atas kalian."
Kualitas sanadnya sohih
1225 - ( صحيح ) عن عائشة زوج النبي صلى الله عليه و سلم أن النبي صلى الله عليه و سلم صلى في المسجد فصلى بصلاته ناس ثم صلى من القابلة فكثر الناس ثم اجتمعوا من الليلة الثالثة فلم يخرج إليهم رسول الله صلى الله عليه و سلم فلما أصبح قال قد رأيت الذي صنعتم فلم يمنعني من الخروج إليكم إلا أني خشيت أن تفرض عليكم وذلك في رمضان . ( صحيح ) وأخرجه البخاري ومسلم [2]
Penguat
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ قَالَ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ قَالَ أَخْبَرَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ قَالَ حَدَّثَنِي نُعَيْمُ بْنُ زِيَادٍ أَبُو طَلْحَةَ قَالَ سَمِعْتُ النُّعْمَانَ بْنَ بَشِيرٍ عَلَى مِنْبَرِ حِمْصَ يَقُولُ قُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ لَيْلَةَ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ الْأَوَّلِ ثُمَّ قُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ خَمْسٍ وَعِشْرِينَ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ ثُمَّ قُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنْ لَا نُدْرِكَ الْفَلَاحَ وَكَانُوا يُسَمُّونَهُ السُّحُورَ [3]
(NASAI - 1588) : Telah mengabarkan kepada kami Ahmad bin Sulaiman dia berkata; telah menceritakan kepada kami Zaid bin Al Hubab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Mu'awiyah bin Shalih dia berkata; telah menceritakan kepadaku Nu'aim bin Ziyad Abu Thalhah dia berkata; "Aku mendengar Nu'man bin Basyir berkata di atas mimbar di daerah Himsh, 'Kami bangun untuk shalat malam bersama Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam di bulan Ramadlan pada malam dua puluh tiga sampai sepertiga malam pertama. Kemudian kami bangun (shalat malam) lagi bersama beliau pada malam kedua puluh lima sampai pertengahan malam. Kemudian kami bangun (shalat malam) lagi bersama beliau pada malam kedua puluh tujuh hingga kami mengira bahwa kami tidak mendapatkan kemenangan itu'. Mereka menamakan kemenangan (Al Falah) itu dengan sahur."
Dalil nama solat tarwih
Riwayat dari ‘Aisyah, tidak ada kata tarwih atau kata tasrifnya dalam kitab hadis perowi abad 1-3, datanya sebagai berikut:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي رَمَضَانَ قَالَتْ مَا كَانَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلَاثًا فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ تَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ قَالَ تَنَامُ عَيْنِي وَلَا يَنَامُ قَلْبِي [4]
(BUKHARI - 3304) : Telah bercerita kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Sa'id Al Maqburiy dari Abu Salamah bin 'Abdur Rahman bahwa dia bertanya kepada 'Aisyah radliallahu 'anhu; "Bagaimana tata cara shalat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada bulan Ramadlan?".. 'Aisyah radliallahu 'anhu menjawab; "Beliau shalat (sunnah lail) pada bulan Ramadlan dan bulan-bulan lainnya tidak lebih dari sebelas rakaat. Beliau shalat empat raka'at, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya, kemudian beliau shalat lagi empat raka'at, maka jangan kamu tanya tentang kualitas bagus dan panjangnya kemudian beliau shalat tiga raka'at. Aku pernah bertanya; "Wahai Rasulullah, apakah baginda tidur sebelum melaksakan shalat witir? '. Beliau menjawab: "Mataku memang tidur tapi hatiku tidaklah tidur".
Kualitas sanadnya sohih
1192 - ( صحيح ) عن أبي سلمة بن عبد الرحمن أنه أخبره أنه سأل عائشة زوج النبي صلى الله عليه و سلم كيف كانت صلاة رسول الله صلى الله عليه و سلم في رمضان فقالت ما كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يزيد في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة ركعة يصلي أربعا فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي أربعا فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي ثلاثا قالت عائشة رضي الله عنها فقلت يا رسول الله أتنام قبل أن توتر قال يا عائشة إن عيني تنامان ولا ينام قلبي * ( صحيح ) وأخرجه البخاري ومسلم[5]
Penjelasan
1. Beramallah sesuiai dengan dalil yang ada, agar teidak terjadi perbedaan yang mmebuat umat Islam bingung mana yang diamalkan
2. Kasihanlah kepada umat Islam yang belajar, apalagi baru masuk Islam
3. Amal yang tidak berdalil akan ditolak Alloh
4. Solat fardu atau sunnah adalah doa da zikir, yang isinya adalah Alquran dan hadis
5. Dalil zikir yang terbaik adalah Alquran hadis dalilnya sebagai berikut:
أَخْبَرَنَا عُثْمَانُ بْنُ الْهَيْثَمِ حَدَّثَنَا عَوْفٌ عَنْ رَجُلٍ يُقَالُ لَهُ سُلَيْمَانُ بْنُ جَابِرٍ مِنْ أَهْلِ هَجَرَ قَالَ قَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَعَلَّمُوا الْعِلْمَ وَعَلِّمُوهُ النَّاسَ تَعَلَّمُوا الْفَرَائِضَ وَعَلِّمُوهُ النَّاسَ تَعَلَّمُوا الْقُرْآنَ وَعَلِّمُوهُ النَّاسَ فَإِنِّي امْرُؤٌ مَقْبُوضٌ وَالْعِلْمُ سَيُقْبَضُ وَتَظْهَرُ الْفِتَنُ حَتَّى يَخْتَلِفَ اثْنَانِ فِي فَرِيضَةٍ لَا يَجِدَانِ أَحَدًا يَفْصِلُ بَيْنَهُمَا[6]
Telah mengabarkan kepada kami Utsman bin Al Haitsam telah menceritakan kepada kami 'Auf dari seseorang -ia dikenal dengan sebutan Sulaiman bin Jabir dari penduduk Hajar-, ia berkata: " Ibnu Mas'ud pernah berkata: 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda kepadaku: Hendaklah kalian belajar ilmu, dan ajarkanlah kepada manusia, pelajarilah ilmu fara`idl dan ajarkanlah kepada manusia, pelajarilah Al Qur`an dan ajarkanlah kepada manusia, karena aku seorang yang akan dipanggil (wafat), dan ilmu senantiasa akan berkurang sedangkan kekacauan akan muncul hingga ada dua orang yang akan berselisih pendapat tentang (wajib atau tidaknya) suatu kewajiban, dan keduanya tidak mendapatkan orang yang dapat memutuskan antara keduanya".
6. Sehingga kita mejelang tidur tetap zikir, bahkan puncaknya saat tidur hati bangun mata yang tidur
Pengambilan Nama Solat Tarwih
Riwayat dari ‘Aisyah dalam kitab hadis perowi abad 4 dan 6 seperti al-Baihaqi, datanya sebagai berikut:
4807- أَخْبَرَنَا أَبُو عَلِىٍّ الرُّوذْبَارِىُّ بِطَوْسٍ أَخْبَرَنَا أَبُو طَاهِرٍ الْمُحَمَّدَابَاذِىُّ حَدَّثَنَا السَّرِىُّ بْنُ خُزَيْمَةَ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ بِشْرٍ الْكُوفِىُّ حَدَّثَنَا الْمُعَافَى بْنُ عِمْرَانَ عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ زِيَادٍ الْمَوْصِلِىُّ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِى اللَّيْلِ ، ثُمَّ يَتَرَوَّحُ ، فَأَطَالَ حَتَّى رَحِمْتُهُ فَقُلْتُ : بِأَبِى أَنْتَ وَأُمِّى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ. قَالَ :« أَفَلاَ أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا؟ ». تَفَرَّدَ بِهِ الْمُغِيرَةُ بْنُ زِيَادٍ. {ج} وَلَيْسَ بِالْقَوِىِّ. {ق} وَقَوْلُهُ : ثُمَّ يَتَرَوَّحُ. إِنْ ثَبَتَ فَهُوَ أَصْلٌ فِى تَرَوُّحِ الإِمَامِ فِى صَلاَةِ التَّرَاوِيحِ ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ. [7]
Dari ‘Aisyah ia berkata: Rosul solat lail 4 rokaat, kemudian ia istirahat, Rosul memanjangkan solatnya sehingga aku kasihan, maka aku berkata, dengan Bapak dan ibu Ya Rosulululloh, dosa engakau telahdimapuni baik terdahulu maupun yang terlambat, Rosul menjawab, apakah aku tidak boleh menjadi hamab yang bersyukur?sanad yang bernama al-Mughiroh bin Ziyad hanya dia sendiri yang meriwayatkan, dia bukan orang kuat hafalannya (al-Baihaqi) maksud kata kemudian dia beristirahat: adalah jika memang sudah tetap maka demikian asal nama solat tarwih yang di mana Imam istirahat dalam solat tarwiah, wallohu a’lam
Penjelasan
Riwayat al-Bukhori dan lainnya
1. Hadis riwayat al-Bukhori nomor 3304 dan perowi lainnya, nama solat bulan Romadon dan diluar romadon namaya tetap solat lail, sanadnya dari ‘Aisyah
2. Tidak ada kata ثُمَّ يَتَرَوَّحُ sebagai dalil nama solat tarwih, pada hal sanad pertamanya tetap dari ‘Aisyah
Riwayat al-Baihaqi 4807 ada kata istirahat
1. Kata ثُمَّ يَتَرَوَّحُ berarti ziyadah atau tambahan, dalam riwayat al-Baihaqi apabila dibandingkan dengan riwayat abad 1 samapai 3 Hijrah seperti riwayat al-Bukhori, Muslim dan ad-Darimi di atas
2. Hadis ziyadah merupakan hadis yang tidak boleh dijadikan hujjah
3. Maka solusinya buang ziyadahnya, kemudian sesuaikan dengan matan yang sama dengan hadis yang masyhur atau mutawatir
4. Jika hadis ziyadah dibiarkan, maka bertambah cacat matannya menjadi hadis munfarid (tersendiri) bahkan menjadi hadis syaz (jarang matannya ditemukan pada perowi lain)
5. Istirahat bukan syarat atau rukun solat sunnah lail, atau denagn kata lain jika tidak istirahat maka tidak syah solat lail
6. Jadi kurang logis nama solat tarwih karena Nabi istirahat antara 4 rokaat dengan 4 rokaat lagi kemudian solat witr 3 rokaat
7. Solat tarwih jika 2 rokaat, tidak ada kata salam dan yatarowwahu atau istirahat, diberi nama solat tarwih
Permasalahan kata salam
1. Jumlahnya rokaatnya maksimal tetap 11 rokaat yakni 4 tentu salam walaupun tidak ada kata salam, kemudian 4 rokaat salam dan 3 roakaat solat witr dan salam
2. Karena maksimal solat fardu 4 rokaat (zuhur, ‘asar dan ‘Isya’)
3. Sekalipun tidak akata salam antara 4+4+3 sudah dipahami secara tersirat ada salam
4. Kemudian hadis solat lail matsna matsna, juga tidak tersurat kata salam, kenapa dipahami ada salam, karena minimal solat fardu 2 rokaat yakni solat subuh atau fajr. Dalilnya sebagai berikut:
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ مَخْرَمَةَ بْنِ سُلَيْمَانَ عَنْ كُرَيْبٍ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ بَاتَ عِنْدَ مَيْمُونَةَ وَهِيَ خَالَتُهُ فَاضْطَجَعْتُ فِي عَرْضِ وِسَادَةٍ وَاضْطَجَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَهْلُهُ فِي طُولِهَا فَنَامَ حَتَّى انْتَصَفَ اللَّيْلُ أَوْ قَرِيبًا مِنْهُ فَاسْتَيْقَظَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ ثُمَّ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آلِ عِمْرَانَ ثُمَّ قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى شَنٍّ مُعَلَّقَةٍ فَتَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي فَصَنَعْتُ مِثْلَهُ فَقُمْتُ إِلَى جَنْبهِ فَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى رَأْسِي وَأَخَذَ بِأُذُنِي يَفْتِلُهَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ أَوْتَرَ ثُمَّ اضْطَجَعَ حَتَّى جَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ فَقَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الصُّبْحَ [8]
(BUKHARI - 937) : Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Maslamah dari Malik bin Anas dari Makhramah bin Sulaiman dari Kuraib bahwa Ibnu 'Abbas mengabarkan kepadanya, bahwa dia pernah bermalam di rumah Maimunah, bibinya dari pihak ibu. Ia mengatakan, "Aku tidur pada sisi tikar sedangkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan isterinya berbaring pada bagian tengahnya. Beliau tidur hingga pertengahan malam atau kurang sedikit, kemudian beliau bangun dan mengusap sisa tidur pada wajahnya, membaca sepuluh ayat dari surah Ali 'Imran. Kemudian beliau berdiri mengambil geriba berisi air yang digantung, beliau berwudlu dengan wudlu yang sempurna lalu mendirikan shalat. Aku kemudian mengerjakan seperti apa yang beliau kerjakan, aku lantas berdiri disampingnya. Beliau kemudian meletakkan tangan kanannya di atas kepalaku, meraih telingaku dan menariknya (menggeser). Kemudian beliau shalat dua rakaat, lalu dua rakaat, lalu dua rakaat, lalu dua rakaat, lalu dua rakaat, lalu dua rakaat, lalu shalat witir. Kemudian Beliau berbaring hingga seorang mu'adzin mendatanginya, kemudian beliau melaksanakan shalat dua rakaat lalu keluar melaksanakan shalat subuh."
Penguat
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ سَأَلَ رَجُلٌ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ مَا تَرَى فِي صَلَاةِ اللَّيْلِ قَالَ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خَشِيَ الصُّبْحَ صَلَّى وَاحِدَةً فَأَوْتَرَتْ لَهُ مَا صَلَّى وَإِنَّهُ كَانَ يَقُولُ اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ وِتْرًا فَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِهِ [9]
(BUKHARI - 452) : Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Mufadldlal telah menceritakan kepada kami 'Ubaidullah dari Nafi' dari 'Abdullah bin 'Umar berkata, "Seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang pada saat itu sedang di atas mimbar, "Bagaimana cara shalat malam?" Beliau menjawab: "Dua rakaat dua rakaat. Apabila dikhawatirkan masuk shubuh, maka shalatlah satu rakaat sebagai witir (penutup) bagi shalatnya sebelumnya." Ibnu 'Umar berkata, "Jadikanlah witir sebagai shalat terakhir kalian, karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan hal yang demikian."
Penjelasan sekaligus solusi dalam hadis
a. Inilah dalil penguat solat lail 2 rokaat salam, bukan solat tarwih
b. Dalamhadis di atas tidaka ada kata salam setelah kata 2 rokaat
c. Karena sudah tersirat, makna salam setelah 2 rokaat
d. Berarti solat lail dan witr 4+4+3, atau 5 kali 2 rokaat tambah 1 witr
e. Jika solat lailnya 4 rokaat maka solat witrnya 3 rokaat
f. Jika solat lainya 2 rokaat salam, maka solat witrnya 1 rokaat
g. Jangan dicampu, solat lailnya 4+4, maka witrnya 2+1 =3
h. Karena witrnya ganjil, angka 2 bukan angka ganjik dia angka genap
i. Sekaligus dalil solat witr 1 rokaat salam minimal sebagai acuannya solat khouf 1 rokaat
j. Dan dalil bahwa solat witr berapa rokaatpun kita amalkan hanya 1 salam saja, seperti 1 atau 3 atau 5 atau 7 atau 9 atau 11 rokaat
k. Agar berbeda dengan solat Magrib sebagai acuan solat witr, maka solat witr 3 rokaat tanpa ada tasyahud awal,
l. Jika 5 rokaat tidak ada tasyahud awal pada rokat ke 2 atau 4, agar terbedakan dengan solat ‘Isya’
m. Jika 7 rokaat, maka tasyahud awalnya pada rokaat ke enam, bukan rokaat ke2 atau 4, kenapa ada tasyahud awalnya, karena tidak ada persamaannya dengan solat fardu (magrib atau ‘Isya’)
n. Jika 9 rokaat, maka tasyahud awalnya pada rokaat ke delapan, bukan rokaat ke 2, 4 atau 6. Kenapa ada tasyahud awalnya, karena tidak ada persamaannya dengan solat fardu (magrib atau ‘Isya’)
o. Jika 11 rokaat, maka tasyahud awalnya pada rokaat ke sepuluh, bukan rokaat ke 2, 4, 6 atau 8. Kenapa ada tasyahud awalnya, karena tidak ada persamaannya dengan solat fardu (magrib atau ‘Isya’)
p. Jawaban tidak ada dalam hadis 4+4+3 kata salam, karena sudah dimaklumi, setiap 2 atau 4 rokaat ada salamnya pada solat fardu, yaitu solat subuh atau ‘Isya’ pada waktu malam (QS al-Isro’, 17:78)
q. Ada yang berkomentar yang demikian khusus solat witr
r. Jawabannya, solat witr adalah satu paket dengan solat lail
5. Karena ada hadis yang menjelaskan kata salam, pada ada rokaat kedua solat witr Rosul tidak memberi salam dalilnya sebagai berikut:
أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ مَسْعُودٍ قَالَ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ قَالَ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ أَنَّ عَائِشَةَ حَدَّثَتْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يُسَلِّمُ فِي رَكْعَتَيْ الْوِتْرِ [10]
(NASAI - 1680) : Telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Mas'ud dia berkata; telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Mufadldlal dia berkata; telah menceritakan kepada kami Sa'id dari Qatadah dari Zurarah bin Aufa dari Sa'd bin Hisyam bahwasanya 'Aisyah berkata kepadanya; "Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam tidak mengucapkan salam pada rakaat kedua shalat witir."
6. Jika ada ulama kita yang mengatakan, solat 4+4+3, bermasalah, karena tidak ada penjelasan tasyhud awal
7. Solat fardu 4 rokaat ada tasyahud awalnya pada rokaat ke 2, demikian juga solat magrib
8. Kenapa boleh solat witr 1 rokaat salam? karena minimal solat fardu 1 rokaat yaitu solat fardu sedang perang QS. An-Nisa’ 4:102
9. Solat waktu normal 4 rokaat, safar 2 rokaatdan solat khouf 1 rokaat
10. Istirahat bukan syarat atau rukun solat lail, silakan istirahat jika perlu, jika tidak lanjutkan sesuai dengan kondisi pisik jamaah
Tempat kasus solat lail riwayat ‘Aisyah
1. Tempatnya di rumah Nabi bukan di Masjid dan bukan berjamaah
2. Sekalipun rumah Nabi bergandengan dengan Masjid Nabawi
3. Karena solat sunnah lebih bagus di rumah ketimbang di Masjid kecuali solat fardu
Solusinya Solat sunnah setelah solat witr
a. Jika kita mau solat sunnah lagi, maka nama solatnya solat sunnah mutlaq, penyebabnya: habis wudu’, mau safar, balik safar, ada, hajat, masuk masjid
b. Atau tidak ada sebabnya, boleh saja berapapun jumlah rokaatnya boleh sesuai dengan kemampuan dan kesempatannya
c. Tempatnya boleh saja asalkan tidak ditempat yang dilarang oleh dalil seperti di WC, kandang unta, di atas pekuburan kecuali solat janazah
11. Jika 2 rokaat salam, maka solat witrnya 1 rokaat dalilnya:
و حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِيمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلَاةِ الْعِشَاءِ وَهِيَ الَّتِي يَدْعُو النَّاسُ الْعَتَمَةَ إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ فَإِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ مِنْ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَتَبَيَّنَ لَهُ الْفَجْرُ وَجَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ لِلْإِقَامَةِ و حَدَّثَنِيهِ حَرْمَلَةُ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَسَاقَ حَرْمَلَةُ الْحَدِيثَ بِمِثْلِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَمْ يَذْكُرْ وَتَبَيَّنَ لَهُ الْفَجْرُ وَجَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ وَلَمْ يَذْكُرْ الْإِقَامَةَ وَسَائِرُ الْحَدِيثِ بِمِثْلِ حَدِيثِ عَمْرٍو سَوَاءً [11]
(MUSLIM - 1216) : Dan telah menceritakan kepadaku Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami Ibn Wahb telah mengabarkan kepadaku 'Amru bin Al Harits dari Ibnu Syihab dari 'Urwah bin Zubair dari 'Aisyah isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah shalat antara habis shalat isya' yang biasa disebut 'atamah hingga waktu fajar. Beliau melakukan sebelas rakaat, setiap dua rakaat beliau salam, dan beliau juga melakukan witir satu rakaat. Jika muadzin shalat fajar telah diam, dan fajar telah jelas, sementara muadzin telah menemui beliau, maka beliau melakukan dua kali raka'at ringan, kemudian beliau berbaring diatas lambung sebelah kanan hingga datang muadzin untuk iqamat." Dan telah menceritakan kepadaku Harmalah telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab dengan sanad hadits ini. Harmalah juga membawakan hadits semisalnya, hanya saja ia tidak menyebutkan redaksi "Ketika fajar telah jelas, dan muadzin menemui beliau." Dia juga tidak menyebutkan "iqamat" dan semuanya sama seperti haditsnya 'Amru.
Penguat
حَدَّثَنَا يَزِيدُ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مَا بَيْنَ أَنْ يَفْرَغَ مِنْ صَلَاةِ الْعِشَاءِ إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُسَلِّمُ فِي كُلِّ ثِنْتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ وَيَسْجُدُ فِي سَجْدَتِهِ بِقَدْرِ مَا يَقْرَأُ أَحَدُكُمْ خَمْسِينَ آيَةً قَبْلَ أَنْ يَرْفَعَ رَأْسَهُ فَإِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ مِنْ الْأَذَانِ الْأَوَّلِ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ فَيَخْرُجَ مَعَهُ [12]
(AHMAD - 23953) : Telah menceritakan kepada kami Yazid, dia berkata; telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abi Dzi'b dari Az Zuhri dari Urwah dari Aisyah berkata; "Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam shalat di waktu luang antara shalat isya` sampai fajar sebelas rakaat. Kemudian beliau salam pada setiap dua rakaat dan beliau berwitir dengan satu rakaat. Beliau sujud yang lamanya seperti halnya salah seorang di antara kalian membaca lima puluh ayat sebelum mengangkat kepalanya. Apabila mua'dzin selesai mengumandangkan adzan pertamanya, beliau shalat dua rakaat ringan, kemudian beliau berbaring di sisi kanannya hingga datang muadzin untuk iqomah."
12. Agak sulitlah menerima analisis, dalil nama solat tarwih 4+4+3 riwayat al-Baihaqi sendirian atau hadis mufarid, tetapi pelaksanannya 2+2+2+2+2+ 1 witr
13. Hadis munfarid adalah termasuk hadis syaz yang jarang tidak boleh dijadikan dalil dalm ulumul hadis, karena hadis syaz hadis doif
14. Hadis syaz adalah hadis yang bertentanagan dengan hadis sohih atau masyhur atau mutawatir
15. Hadis mutawatirnya adalah 4+4+3 witr perowinya sebagai berikut:
Ahmad 22944, Muslim 1216, an-Nasai 1679, Malik 243,
16. Jumlah minimalnya tidak dijelaskan Rosul, apakah boleh kurang dari 11 rokaat
17. Lafazh sorihnya yang bertambah tidak boleh, berarti kurang boleh sesuai dengan kemampuan pelakunya
18. Jika ada ulama memberikan komentar, dalam riwayat al-Bukhori tidak ada kata salam maka dianggap hadisnya bermasalah dalam matannya, maka jawabannya tidak semua ibadah dalam satu matan hadis dirinci pelaksanannya
Batas waktunya
1. Batas waktunya boleh 1/3 malam, Nabi lakukan malam 23 romadon, ½ malam yakni pada malam 25 romadon, atau samapai 2/3 malam, Nabi lakukan pada malam 27 romadon, berjamaah di Masjid Nabawi, Mulai habis solat ‘Isya’, selainnya di rumahnya dengan keluarga
2. Habis romadon tidak pernah dilakukan Nabi di Masjid
Sejarah nama solat Tarwih
1. Hadi riwayat al-Baihaqi nomor 4807 di atas bukan kuat dengan analisis:
a. Al-Baihaqi meriwayatkan hadis yang 11 rokaat 4+4+3, ada tambahan kata ثُمَّ يَتَرَوَّحُ
b. Kata ثُمَّ يَتَرَوَّحُ artinya kemudian beliau istirahat, karena lamanya solat yang 4 rokaat, lama dan bagusnya bacaan Rosul, bukan cepat-cepat atau tergesa-gesa, bahkan satu rokaat suroh al-Baqoroh, an-Nisa dan Ali ‘Imron
c. Makanya sulit menerima komentar sebahagian ulama kita harus pendek suroh atau ayat dibaca Imam
d. Dari ثُمَّ يَتَرَوَّحُ inilah diambil nama solat tarwih atau istirahat
e. Pada kata istirahat atau kemudian ia istirahat, saat istirahat bukan saat solat, kenapa dirobah nama solatnya dari solat lail menjadi solat istirahat
Analisis perowi dan sanad pertama (tobaqot Guru Perowi) dan terkahir (tobaqot atau tingkat sahabat) dalam Ilmu hadis
Al-Bukhori Perowi abad kedua Hijrah, al-Baihaqi perowi abad ke 4 H
Nama-nama Perowi abada 1 sampai 3 H sebagai berikut:
Anas bin Malik ( 10 SH- 93 H ), (Al-Al-Bukhori (194-w.256 H), Muslim,( 206-261 H), Abu Dawud (202-275 H) At-Tirmizi (209- w.279 H, Ibn Majah (209-273 H), Ahmad bin Hanbal (164-w.241 H), (ad-Darimi, 181-255). al-Nasa’i (w.303 H), Ibn Khuzaimah (w.311 H)
Nama-nama Perowi pertengahan abad 4 sampai 5 H sebagai berikut:
Perowi pada abad ini seperti Al-Tahanawi (w.321 H), Ibn Hibban Ibn Sakan (w.353 H), (w.354 H), At-Tobroni (w.360 H), (ad-Dar al-Qutni (w.385 H), Al-Hakim (w.405 H), ), Al-Munziri (w.656 H), Al-Baihaqi (w.458 Hdan Al-Bagawi (w.510 H).
Analisis
1. Matannya boleh jadi hujjah, syaratnya jika sanad pertama perowi pada tobaqot guru perowi abad 1 sampai 3 dengan pertengahan abad pertengahan abad ke 4 sampai 5, sanadnya sama dan sohih, oleh ulama kritikus sanad hadis dan metode kritik matan
2. Matannya boleh jadi hujjah, syaratnya jika sanad terakhir pada tobaqot sahabat, perowi pada tobaqot guru perowi abad 1 sampai 3 dengan pertengahan abad pertengahan abad ke 4 sampai 5, sanadnya sama dan sohih, oleh ulama kritikus sanad hadis dan metode kritik matan
3. Jika tidak sama atau berlainan matannya, maka yang dipilih adalah perowi abad 1-3
4. Alasannya, hampir semua sanad pada tobaqot guru perowi abad 1-3 duluan wafat, daripada perowinya
5. Jika demikian darimana dapat perowi abad pertengahan abad ke 4-5, matan tersebut pada tingkat guru perowi
6. Bias dipastikan nama yang lain, jika nama yang lain, kenapa perowi abad 1-3 tidak menemukannya
7. Juga jika sanad pada tobaqot sahabat tidak sama dan tentu kualitasanya akan berbeda
8. Jika masih sama sanad pada tobaqot tingkat sahabat, mengapa ditingkat Guru perowi berbeda matannya
9. Dengan demikian akan semakin jelas, bahwa tambahan tersebut adalah ziyadah atau tambahan dari perowi sendiri, bukan tobaqot sahabat
10. Jika perowi abad 1-3 sudah sohih apalagi sanad pada tobaqot sanahabat, tidak perlu lagi dikritisi kepribadiannya, dalilnya QS at-Taubah 9:100 sebagai berikut:
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ (100)
100. orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.
11. Ayat di atas diperjelas dengan hadis berikut:
حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُو جَمْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ زَهْدَمَ بْنَ مُضَرِّبٍ قَالَ سَمِعْتُ عِمْرَانَ بْنَ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُكُمْ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ قَالَ عِمْرَانُ لَا أَدْرِي أَذَكَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدُ قَرْنَيْنِ أَوْ ثَلَاثَةً قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ بَعْدَكُمْ قَوْمًا يَخُونُونَ وَلَا يُؤْتَمَنُونَ وَيَشْهَدُونَ وَلَا يُسْتَشْهَدُونَ وَيَنْذِرُونَ وَلَا يَفُونَ وَيَظْهَرُ فِيهِمْ السِّمَنُ [13]
(BUKHARI - 2457) : Telah menceritakan kepada kami Adam telah menceritakan kepada kami Syu'bah telah menceritakan kepada kami Abu Jamrah berkata,, aku mendengar Zahdam bin Mudharrib berkata; aku mendengar 'Imran bin Hushain radliallahu 'anhuma berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah yang hidup pada zamanku (generasiku atau sahabat) kemudian orang-orang yang datang setelah mereka (tabi’in) kemudian orang-orang yang datang setelah mereka (tabi’in tabi’in)". 'Imran berkata: "Aku tidak tahu apakah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menyebutkan lagi setelah (generasi beliau) dua atau tiga generasi setelahnya". Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya setelah kalian akan ada kaum yang suka berkhianat (sehingga) mereka tidak dipercaya, mereka suka bersaksi padahal tidak diminta persaksian mereka, mereka juga suka memberi peringatan padahal tidak diminta berfatwa dan nampak dari ciri mereka orangnya berbadan gemuk-gemuk".
Hadis hanya sampai tabi’in saja sebagai berikut:
و حَدَّثَنِي الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا أَزْهَرُ بْنُ سَعْدٍ السَّمَّانُ عَنْ ابْنِ عَوْنٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَبِيدَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ فَلَا أَدْرِي فِي الثَّالِثَةِ أَوْ فِي الرَّابِعَةِ قَالَ ثُمَّ يَتَخَلَّفُ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ تَسْبِقُ شَهَادَةُ أَحَدِهِمْ يَمِينَهُ وَيَمِينُهُ شَهَادَتَهُ [14]
(MUSLIM - 4601) : Dan telah menceritakan kepadaku Al Hasan bin 'Ali Al Hulwani; Telah menceritakan kepada kami Azhar bin Sa'ad As Samman dari Ibnu 'Aun dari Ibrahim dari 'Abidah dari 'Abdullah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah generasiku, kemudian generasi setelahnya, kemudian generasi setelahnya lagi, -aku tidak tahu beliau menyebutkan generasi setelah beliau tiga kali atau empat kali.- lalu beliau bersabda lagi: 'kemudian akan datang generasi setelah mereka yang mana persaksian salah seorang dari mereka mendahului sumpahnya, atau sebaliknya.'
Penguat sampai tabi’in
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ قَالَ أَنْبَأَنَا ح و حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ أُمَّتِي الْقَرْنُ الَّذِينَ بُعِثْتُ فِيهِمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ وَاللَّهُ أَعْلَمُ أَذَكَرَ الثَّالِثَ أَمْ لَا ثُمَّ يَظْهَرُ قَوْمٌ يَشْهَدُونَ وَلَا يُسْتَشْهَدُونَ وَيَنْذِرُونَ وَلَا يُوفُونَ وَيَخُونُونَ وَلَا يُؤْتَمَنُونَ وَيَفْشُو فِيهِمْ السِّمَنُ [15]
(ABUDAUD - 4038) : Telah menceritakan kepada kami Amru bin Aun ia berkata; telah memberitakan kepada kami. (dalam jalur lain disebutkan) Musaddad ia berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Awanah dari Qatadah dari Zurarah bin Aufa dari Imran bin Hushain ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sebaik-baik generasi adalah generasi saat aku diutus di dalamnya, kemudian generasi setelah mereka, kemudian generasi setelah mereka -Perawi berkata; 'Hanya Allah yang tahu, apakah beliau menyebutkan yang ketiga atau tidak'-. Setelah itu akan muncul orang-orang yang memberikan persaksian padahal mereka tidak diminta, berjanji namun tidak menepatinya, mereka suka melakukan khianat, tidak amanat dan menyebar di antara mereka kegemukan."
1. Penguat sampai tabi’in adalah ayat suroh at-Taubah ayat 100, yakni potongan ayat وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ di atas
2. Kata اتَّبَعُوهُمْ adalah fi’il madhi artinya kata kerja bentuk masa lampau, tidak akan berlanjut seperti bentuk fi’il mudhori’ bentuk kata kerja berkelanjutan
3. Berarti hanya pada tingkat tabi’in saja
4. Pada tingkat Guru perowi terjadinya perbedaan matan yang diriwatkan oleh perowi
Perbandingan Periwayat abad 1 sampai 3 Hijrah dengan pertengahan abad ke 4 sampai 5 H
Nomor |
Matan Perowi oleh sanad abad 1-3 |
Matan Perowi oleh sanad pertengahan abad 4 dst |
Hujjah dan matannya maqbul |
Tidak bisa hujjah |
1 |
Ada kualitas sanadnya Sohih atau hasan dan matannya maqbul |
Ada kualitas sanadnya Sohih atau hasan dan matannya maqbul |
Hujjah kuat dan matannya maqbul |
- |
2 |
Ada kualitas sanadnya Sohih atau hasan dan matannya maqbul |
Tidak ditemukan |
Hujjah kuat dan matannya maqbul |
- |
3 |
Tidak ditemukan |
Ada kualitas sanadnya Sohih atau hasan dan matannya maqbul |
Harus dicarai matan yang ada kaitannya dengan abad 1-3, jika ada hujjah jika tidak maka tidak boleh hujjah |
- |
4 |
Ada kualitas sanadnya Sohih atau hasan dan matannya maqbul |
Ada tambahan matan |
Hujjah tetapi dibuang tambahannya |
- |
5 |
Ada kualitas sanadnya doif dan matannya maqbul |
Ada kualitas sanadnya Sohih atau hasan dan matannya maqbul |
Hujjah hadis hasan lighorih dan matannya maqbul |
- |
6 |
Ada kualitas sanadnya Sohih atau hasan dan matannya maqbul |
Ada kualitas sanadnya doif |
Hujjah sohih lighorih karena matannya maqbul |
- |
7 |
Ada kualitas sanadnya doif dan matannya maqbul |
Ada kualitas sanadnya doif dan matannya maqbul |
Hujjah hasan lighorih dan karena matannya maqbul |
- |
8 |
Tidak ditemukan |
Tidak ditemukan |
Tetapi perlu ada jawabannya, maka ijitihad kolektif para ahli yang dibutuhkan, berdasarkan eksperimen, tetapi kesimpulannya jangan bertentangan dengan makna umum Alquran dan hadis Nabi |
- |
Analisis
1. Jika sanad pada tingkat syaikhul Musoonnif dan tabiin tabiin sama dengan abad 1-3 dengan abad 4 ke atas, maka matan tersebut boleh diterima
2. Jika tidak sama pada tingkat tersebut, tentu masih perlu kritik sanad yang mendalam
3. Alasannya kenapa masih ada sanad pada dua tingkat tersebut, pada hal perowi pada abad 1-3 sudah banyak meneliti kota ulama hadis
4. Kenapa masih ada sanad yang ditemukan oleh perowi abad 4 dan seterusnya yang adil, dhobit
5. Berdasarkan umur, secara umum lebh tua Guru ketimbang muridnya
6. Selanjutnya tentu duluan Gurunya mati ketimbang muridnya, jika masih ada Gurunya sudah tua Jompo, sudah banyak lupanya daripada ingatnya, serta kenapa perowi abada 1-3 tidak mereka temukan sanad perowi bad 4 ke atas
Permasalahan tentang solat tarwih
1. Sekarang ada analisis ulama, di mana akan mau meninggalkan solat tarwih 4+4+3 = 11, menjadi 2+2+2+2+ 2+ +1 rokaat solat witri
2. Namun solat witrnya 2+1, artinya 2 rokaat salam bari 1 rokaat salam, jumlahnya =3 rokaat
3. Hadis yang menjelaskan, 2+2+2+2+2+ 1 witri, juga tidak ada kata salam setiap 2 rokaat
4. Alasan mereka solat tarwih 4+4+3 = 11, tidak ada kata salam rokaat ke empatnya
5. Namun hadis yang menjelaskan 2+2+2+2+2+ 1 witri tidak ada kata tarwih, yang ada 4+4+3 = 11
6. Bahkan solat tarwih hanya ada bulan romadon, diluarnya solat lail
7. Perowinya hanya al-Baihaqi, kualitas sanadnya hadis munfarid atau hadis syaz, tidak boleh menjadi dalil
8. Hadis syaznya riwayat al-Baihaqi di mana sanadnya hanya pada tingkat sahabat yang sama yaitu ‘Aisyah dengan perowi abad 1-3 H
9. Mari kita cek sanad riawayat al-Bukhori dengan al-Baihaqi berikut:
Riwayat Al-Bukhori
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ
Analisis
1. Sanad pertmanya pada tingkat Guru perowi adalah ‘Abdullah bin Maslamah
2. Sanad pada tingkat sahabat adalah ‘Aisyah
Riwayat Al-Baihaqi
أَخْبَرَنَا أَبُو عَلِىٍّ الرُّوذْبَارِىُّ بِطَوْسٍ أَخْبَرَنَا أَبُو طَاهِرٍ الْمُحَمَّدَ ابَاذِىُّ حَدَّثَنَا السَّرِىُّ بْنُ خُزَيْمَةَ حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ بِشْرٍ الْكُوفِىُّ حَدَّثَنَا الْمُعَافَى بْنُ عِمْرَانَ عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ زِيَادٍ الْمَوْصِلِىُّ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ عَائِشَةَ
Analisis
1. Sanad pertmanya pada tingkat Guru perowi adalah Abu ‘Ali ar-Rudzbari Bithosi
2. Sanad tobaqot Guru sampai sebelum sahabat tidak ada yang sama antara riwayat al-Bukhori dengan al-Baihaqi
3. Sanad pada tingkat sahabat adalah ‘Aisyah
4. Sanad pada tingkat sahabat tidak mungkin mau menambahi kata seperti يتروح pada matan hadis nama solat pada bulan romadon saja
Akibat nama solat tarwih
1. Hadis riwayat al-Baihaqi di atas berlawanan dengan QS al-Isro’ 17:78-79, QS al-Muzzammil, 73:1-4 dan 20), nama solat di romadon dan di luar romadon adalah solat lail
2. Penomena di masyarakat sekarang, jika seorang tidak solat lail dan witr di Masjid maka dianggap tidak menghormati romadon bulan mulia, bahkan melanggar ajaran yang terbaik
3. Bahkan jadi bumerang kepada orang yang mnegamalkan solat lail salah, karena lain pengamalannya dengan yang diamalkan orang banyak
4. Anggapan seprti ini benar berlawanan dengan ayat QS al-An’am 6:116 berikut:
وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُونَ (116)
116. dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah)[500]. [500] Seperti menghalalkan memakan apa-apa yang telah diharamkan Allah dan mengharamkan apa-apa yang telah Dihalalkan Allah, menyatakan bahwa Allah mempunyai anak.
Mmbaca Doa Iftitah Solat Tarwih
1. Doa iftitah hanya dibaca Imam pada rokaat pertama
2. Bahkan tidak membacanya karena hukumnya sunnah
3. Akahir bacan yang sunnah untuk ditinggalkan bukan untuk diamalkan
4. Imam yang membaca doa iftitah yang jarang hanya rokaat pertama, membaca bacaan pada solat fardu
5. Pada hal ada yang khusus untuk solat lail dan witr
Membaca Solawat kepada Nabi pada solat Tarwih
1. Mambaca solawat kepada Nabi katanya yang pendek saja yakni اللهم صل على محمد وعلى ال محمد
2. Akibatnya tasyahud Imam cepat dan cepat salam
3. Jarang membaca solawat yang ada dalilnya sampai kepada Nabi Ibrahim dan doa sesudahnya
4. Kebanyakan yang mengamalkan solat tarwih, bacaan solawat antara habis 2 rokaat dengan rokaat berikutnya dengan suara yang kuat, satu komandonya dan jamaah yang menyahuti solawatnya
5. Jika tidak demikian, bukan solat tarwih namanya, akhirnya menambahi ajaran
6. Solatnya harus cepat-cepat, tanpa mempertimbangkan kekhusyukannya
7. Tidak perduli masih ada jamaah yang masbuq, akan terganggu bacaan solawat yang kuat dan tidak ditemukan dalilnya
8. Dalil bacaan solawat kepada Nabi saat solat sebagai berikut:
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْحَكَمِ عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ كَعْبِ بْنِ عُجْرَةَ قَالَ قُلْنَا أَوْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَمَرْتَنَا أَنْ نُصَلِّيَ عَلَيْكَ وَأَنْ نُسَلِّمَ عَلَيْكَ فَأَمَّا السَّلَامُ فَقَدْ عَرَفْنَاهُ فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ قَالَ قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ بِهَذَا الْحَدِيثِ قَالَ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا ابْنُ بِشْرٍ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ الْحَكَمِ بِإِسْنَادِهِ بِهَذَا قَالَ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ الزُّبَيْرُ بْنُ عَدِيٍّ عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى كَمَا رَوَاهُ مِسْعَرٌ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَاقَ مِثْلَهُ [16]
(ABUDAUD - 830) : Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Al Hakam dari Ibnu Abu Laila dari Ka'b bin 'Ujrah dia berkata; kami bertanya -atau- mereka bertanya; "Wahai Rasulullah, Anda memerintahkan kami untuk bershalawat dan salam kepada anda, kami telah mengetahui tentang salam, lalu bagaimana cara kami bershalawat kepada anda?" beliau bersabda: "Ucapkanlah; 'Allahumma shalli 'ala Muhammad in wa'alaa aalii Muhammad , kamaa shallaita 'alaa Ibrahim. Wabaarik 'alaa Muhammad wa'alaa aali Muhammad , kamaa barakta 'alaa Ibrahim fil 'alamiin a innaka hamidum-majiid (Ya Allah, curahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau curahkan kepada keluarga Ibrahim. Ya Allah, curahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad , sebagaimana Engkau curahkan keberkahan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Agung)." Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai' telah menceritakan kepada kami Syu'bah seperti hadits ini, sabdanya; "Shalli 'alaa Muhammad wa 'alaa aali Muhammad kamaa shallait a'alaa ibraahiim (curahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau curahkan kepada keluarga Ibrahim)." Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al 'Ala` telah menceritakan kepada kami Ibnu Bisyr dari Mis'ar dari Al Hakam dengan isnad ini, beliau bersabda: "'Allahumma shalli 'ala Muhammad in wa'alaa aalii Muhammad , kamaa shallaita 'alaa Ibrahim innaka hamiidum majiid. Allahumma baarik 'alaa Muhammad wa'alaa aali Muhammad , kamaa barakta 'alaa Ibrahim fil 'alamiina innaka hamidum-majiid (Ya Allah, curahkanlah kesejahteraan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau curahkan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Agung. Ya Allah, curahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad , sebagaimana Engkau curahkan keberkahan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Agung)." Abu Daud berkata; "(Hadits ini) juga di riwayatkan oleh Az Zubair bin 'Adi dari Ibnu Abu Laila sebagaimana yang di riwayatkan Mis'ar namun ia mengatakan; "kamaa shallaita 'alaa aali Ibrahim innaka hamiidum majiid, wa baarik 'alaa Muhammad …" kemudian ia melanjutkan hadits seperti itu.
Doa Pada Tsayahud Solat Tarwih
1. Jarang Imam solat tarwih mengamalkan doa pada tasyahud, bahkan solawatnyapun yang pendek seperti penjelasan di atas
2. Doa pada tasyahhud akhir sebelum salam setelah membaca solawat dalilnya sebagai berikut:
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ حَدَّثَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَدْعُو فِي صَلَاتِهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ فَقَالَ لَهُ قَائِلٌ مَا أَكْثَرَ مَا تَسْتَعِيذُ مِنْ الْمَغْرَمِ فَقَالَ إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا غَرِمَ حَدَّثَ فَكَذَبَ وَوَعَدَ فَأَخْلَفَ [17]
(ABUDAUD - 746) : Telah menceritakan kepada kami 'Amru bin Utsman telah menceritakan kepada kami Baqiyah telah menceritakan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dari 'Urwah bahwa Aisyah telah mengabarkan kepadanya bahwa dalam shalatnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering berdo'a; "Allahumma inni 'auudzubika min 'adzaabil qabri wa a'uudzubika min fitnatil masiihid dajjal wa a'uudzubika min fitnatil mahya wal mamaati, allahumma inni a'uudzubika minal ma`tsmi wal maghrami (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung dari fitnah Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan lilitan hutang)." Maka seseorang bertanya kepada beliau; 'alangkah seringnya anda memohon perlindungan diri dari lilitan hutang." Beliau bersabda: "Sesungguhnya apabila seseorang sudah sering berhutang, maka dia akan berbicara dan berbohong, dan apabila berjanji, maka dia akan mengingkari."
Penguat
و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ عَنْ طَاوُسٍ الْيَمَانِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعَلِّمُهُمْ هَذَا الدُّعَاءَ كَمَا يُعَلِّمُهُمْ السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَات[18]
(MALIK - 450) : Telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Abu Az Zubair Al Maki dari Thawus Al Yamani dari Abdullah bin 'Abbas, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan mereka doa ini sebagaimana mengajarkan surat al Qur'an, beliau membaca: "allahumma inni a'uudzu bika min 'adzaabi jahannama wa a'uudzu bika min 'adzaabil qabri wa a'uudzu bika min fitnatil masiihid dajjal wa a'uudzu bika min fitnatil mahyaa wal mamaati (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan-Mu dari siksa Jahannam, aku berlindung dengan-Mu dari siksa kubur, aku berlindung dengan-Mu dari fitnah Dajjal dan aku berlindung dengan-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian) "
حَدَّثَنَا الْأَنْصَارِيُّ حَدَّثَنَا مَعْنٌ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ عَنْ طَاوُسٍ الْيَمَانِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعَلِّمُهُمْ هَذَا الدُّعَاءَ كَمَا يُعَلِّمُهُمْ السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ [19]
(TIRMIDZI - 3416) : Telah menceritakan kepada kami Al Anshari telah menceritakan kepada kami Ma'n telah menceritakan kepada kami Malik dari Abu Az Zubair Al Makki dari Thawus Al Yamani dari Abdullah bin Abbas bahwa Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam pernah mengajari mereka doa ini sebagaimana mengajari mereka sebuah surat dari Al Qur'an, yaitu: allaahumma innii a'uudzu bika min 'adzaabi jahannama wa min 'adzaabil qabri wa a'uudzu bika min fitnatil masiihid dajjaal. wa a'uudzu bika min fitnatil mahyaa wal mamaat (Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dan dari adzab kubur, dan aku berlindung kepadaMu dari fitnah Al Masih Dajjal, dan aku berlindung kepadaMu dari fitnah kehidupan serta kematian). Abu Isa berkata; hadits ini adalah hadits hasan shahih gharib
Penguat
3972 - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ الْحِزَامِىُّ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ سُلَيْمٍ حَدَّثَنِى حُمَيْدٌ الْخَرَّاطُ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُعَلِّمُنَا هَذَا الدُّعَاءَ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ».[20]
3. Jika ditanya mana dalilnya, dijawabnya begitu kata Guru guru dahulu, sulit memperbaikinya
4. Pada hal bacaan solawat itu dalam hadis bukan dalam kitab fiqh
5. Berarti tidak ada hak ulama menambahi atau menguranginya
6. Demikian juga doa setelah solawat yang sempurna, jarang dibaca Imam
7. Ditanya kenapa tidak dibaca doanya, dijawab lebih perlu membaca solawat antara salam dengan rokaat berikutnya karena hukumnya sunnah
8. Jika diperhatikan cara bacanya banyak yang salah, bahkan mengarah kepada amal riya
9. Ditanya kenapa di Masjid solat tarwih, jawabannya karena sekarang kota Makkah dan madinah di Masjid Harom dan Masjid Nabawiyyah
10. Seharusnya adalah Makkah dan Madinah zaman Nabi Sahabat dan Tabiin dahulu bukan yang sekarang
11. Karena Makkah sekarang solatnya namanya solat tarwih, tetapi dua rokaat salam
12. Ada yang sangat ekstirimnya solat isya’nya di rumah baru solat tarwihya di Masjid
13. Soal Imam lagi ada yang tidak suka panjang ayat lama ruku’ i’tidal sujud duduk antara dua sujud tasyahud awal akhir
14. Pada hal Rosul solat mulai habis solat Isya’ samapi pukul 10.00 atau 1/3 malam, malam 23 romadon, malam 25 sampai pukul 00.00, dan pada malam 27 dekat subuh
15. Bayangkan berapa ayat yang dibaca Rosul setiap rokaat
Pelaksanaan Solat Tarwih
1. Nama solat tarwih dalilnya adalah hadis riwayat al-Baihaqi 4 rokaat istirahat tambah 4 rokaat salam istirahat tambah 3 rokaat salam
2. Hadis matannya ada kata يتروح hanya al-Baihaqi
3. Dalam ilmu hadis disebut hadis munfarid atau hadis Syaz, tidak boleh dijadikan hujjah, apalagi berlawanan dengan hadis yang mahshur
4. Pelaksanaan 2+2+2+2+2+1 nama solat lail bukan solat tarwih
5. Solat witr 2+1 tidak benar karena berlawanan dengan hadis riwayat an-Nasai nomor 1680)
6. Hadis yang maksudnya solat lail itu dua dua rokaat tetapi diniatkan solat tarwih
7. Lain dalil lain yang diamalkan, mohon pertimbangan yang Sirius dan baik serta penuh keikhlasan untuk mengamalkan amal sesuai dengan dalil
Kesimpulan
1. Solat tawih dalilnya hadis ziyadah dan syaz riwayat al-Baihaqi
2. Menurut dalil yang sohih namanya adalah solat lail dan sesuai dengan Alquran suroh al-Isro’ ayat 79 dan suroh al-Muzzammil ayat 1-4 dan ayat 20 dan hadis sohih lain
3. Pelaksanannya boleh 4+4+3 solat witrnya atau 2+2+2+2+2+1 solat witrnya 1 rokaat
4. Tidak benar berdasarkan riwayat an-Nasai nomor 1680 solat witr 2 tambah 1
5. Sebaiknya di rumah baik diromadon atau diluar romadon 11 rokaat
6. Kerjakan sesuai dengan dalil yang sohih
Daftar Bacaan
محمد ناصر الدين الألباني [ صحيح وضعيف الجامع الصغير - الألباني ] الكتاب : صحيح وضعيف الجامع الصغير وزيادته الناشر : المكتب الإسلامي عدد الأجزاء : 1
: محمد ناصر الدين الألباني . صحيح وضعيف سنن النسائي .مصدر الكتاب : برنامج منظومة التحقيقات الحديثية - المجاني - من إنتاج مركز نور الإسلام لأبحاث القرآن والسنة بالإسكندرية
أبو بكر أحمد بن الحسين بن علي البيهقي. السنن الكبرى وفي ذيله الجوهر النقي.مؤلف الجوهر النقي: علاء الدين علي بن عثمان المارديني الشهير بابن التركماني. المحقق : الناشر : مجلس دائرة المعارف النظامية الكائنة في الهند ببلدة حيدر آباد الطبعة : الأولى ـ 1344 هـ
Abu Daud, Sunan Abu Daud, (Indonesia: An-Nasyir Al-Maktabah Dahlan 275 H).
Ad- Darimi, Sunan Ad- Darimi, (Semarang: Maktabah wa Matba’ah, 279 H),
Ahmad bin Hanbal, Musnad Ahmad, (Beirut : Dar al-Katib, al-Ilmiyah, 275 H ).
Al-Bukhari, Sahih al-Bukhari , (Beirut: Dar al-Fikr,t.t).
An-Nasai, Sunan An-Nasai, (Semarang: Maktabah wa Matba’ah, 279 H) .
Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, (Beirut : Dar al-Katib, al-Ilmiyah, 275 H). hlm.
Malik, al-Muwaththo’ , (Beirut: Dar al-Fikr,t.t).
Muslim, Sahih Muslim, (Bandung: Dahlan, t.t) .
[1] Muslim, Sahih Muslim, (Bandung: Dahlan, t.t) . hlm.524
[2] محمد ناصر الدين الألباني [ صحيح وضعيف الجامع الصغير - الألباني ] الكتاب : صحيح وضعيف الجامع الصغير وزيادته الناشر : المكتب الإسلامي عدد الأجزاء : 1 .ص. 578.
[3] An-Nasai, Sunan An-Nasai, (Semarang: Maktabah wa Matba’ah, 279 H) . hlm.224
[4] Al-Bukhari, Sahih al-Bukhari , (Beirut: Dar al-Fikr,t.t). hlm.315
[5] الكتاب : صحيح وضعيف سنن النسائي المؤلف : محمد ناصر الدين الألباني مصدر الكتاب : برنامج منظومة التحقيقات الحديثية - المجاني - من إنتاج مركز نور الإسلام لأبحاث القرآن والسنة بالإسكندريةJuz 4, h. 341.
[6] Ad- Darimi, Sunan Ad- Darimi, (Semarang: Maktabah wa Matba’ah, 279 H), hlm. 252.
[7] أبو بكر أحمد بن الحسين بن علي البيهقي. السنن الكبرى وفي ذيله الجوهر النقي.مؤلف الجوهر النقي: علاء الدين علي بن عثمان المارديني الشهير بابن التركماني. المحقق : الناشر : مجلس دائرة المعارف النظامية الكائنة في الهند ببلدة حيدر آباد الطبعة : الأولى ـ 1344 هـ ج2. ص. 230.
[8] Al-Bukhari, Op.Cit. hlm. 328
[9] Ibid, hlm. 319
[10] An-Nasai, Op.Cit. hlm. 361
[11] Muslim, Op.Cit. hlm.59
[12] Ahmad bin Hanbal, Musnad Ahmad, (Beirut : Dar al-Katib, al-Ilmiyah, 275 H ). hlm. 304
[13] Al-Bukhari, Op.Cit. hlm.441
[14] Muslim, Op.Cit. hlm. 184
[15] Abu Daud, Sunan Abu Daud, (Indonesia: An-Nasyir Al-Maktabah Dahlan 275 H). hlm. 381
[16] Abu Daud, Op.Cit. hlm.309
[17] Abu Daud, Op.Cit. hlm.65
[18] Malik, al-Muwaththo’ , (Beirut: Dar al-Fikr,t.t). hlm.301
[19] At-Tirmizi, Op.Cit. hlm.107
[20] Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, (Beirut : Dar al-Katib, al-Ilmiyah, 275 H). hlm. 439
1 comment:
Post a Comment